Kemunculan minimarket dalam beberapa tahun terakhir semakin pesat di
tengah kehidupan masyarakat yang semakin modern. Lewat sistem waralaba,
perusahaan ritel semakin mudah membuka toko tanpa harus mengeluarkan
biaya cukup besar.
Tren minimarket yang kini sudah menyusup
kawasan pedesaan seringkali dilakukan tanpa mempertimbangan banyak
faktor. Tak heran bila kini masyarakat sudah terbiasa melihat keberadaan
dua minimarket dari perusahaan yang berbeda di satu lokasi. .
Di
wilayah Jakarta dan mungkin beberapa kota di Indonesia, masyarakat
seringkali melihat keberadaan minimarket Indomaret milik PT Indomarco
Prismatama yang harus berhadapan langsung dengan minimarket Alfamart
yang lisensinya dipegang oleh PT Sumber Alfaria Trijata Tbk.
Marketing
Director PT Indomarco Prismatama, Wiwiek Yusuf menuding Alfamart
sebagai perusahaan yang meniru strategi bisnisnya. Bahkan diakuinya,
sejumlah karyawan Indomaret pun banyak yang hengkang ke pesaingnya
tersebut.
"Kita sudah mulai berdiri dari tahun 1985, berjalannya
waktu mulai 2000-an (gerai) mereka belajar dari kita, sebagian
(karyawan) kita masuk ke mereka. Mereka targetnya sama, kita sudah
survei tempat, katakanlah mereka curi start kita," kata Wiwiek di
Jakarta, yang ditulis Sabtu (25/1/2014).
Wiwiek menambahkan
dekatnya jarak antar minimarket memanng mengusik dirinya. Namun bagi
Indomaret, hal itu justru menjadi tantangan bagi minimarketnya untuk
lebih memberikan kualitas dan pelayanan yang lebih baik.
"Kalau dibilang ganggu pasti, positifnya kita berlomba-lomba sama-sama memberikan pelayanan pada konsumen," tegasnya.
Untuk
memenangkan persiangan, Indomaret mengaku memasang strategi yang jauh
lebih menarik konsumen daripada pesaingnya tersebut. Salah satunya
adalah gencar berpromosi dan memberikan sejumlah program promo dalam
setiap pembelian produk.
"Mulai dari promosi dan memberikan
fasiliatas lebih dari produk dan kemasan. Kita sebisa mungkin buat
konsumen puas, meski pasti ada yang tidak puas, bagaimana caranya agar
mereka lebih puas lagi datang belanja ke tempat kita," pungkasnya.
Tidak
hanya itu, kedepan Indomaret menurut Wiwiek juga akan menjadi pelopor
tempat perbelanjaan keluarga modern yang melayani berbagai fasilitas
payment poin, mulai yang saat ini sudah diterapkan dari pembayaran
listrik, pembelian pulsa elektronik, hingga pembelian tiket peswat dan
kereta api.(Yas/Shd)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar